Salah satu shalawat yang sangat terkenal dalam islam adalah shalawat
Masyisiyah. Shalawat ini merupakan shalawat agung yang merupakan karya
Syaikh Abdus Salam Ibn Masyisy. Dalam kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa
Sayyidis Saadaat karya Sayyidi Asy-Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani ,
dijelaskan bahwasanya shalawat ini merupakan salah satu diantara bentuk
shalawat yang sangat terkenal serta memilik keutamaan dan kesakralan.
Sholawat Masyisyiyah
Untuk menghindari gangguan ghaib, terlebih gangguan Tuyul, santet dll
maka di antara SHOLAWAT yang ampuh adalah dengan membaca “Sholawat
Masyisyiyah”,
disamping sholawat tersebut mempunyai Fadhilah yang luar biasa, Sholawat Masyisyiyah juga memiliki keistimewaan,.
Barangsiapa yang membaca Sholawat Masyisyiyah 10 kali, maka Insyaallah urusan rizkinya akan di mudahkan oleh Allah,.
Untuk menangkal gangguan thuyul, ada beberapa kaifiyah dalam membaca Sholwat tersebut,.
di antara kaifiyahnya adalah dibaca setelah menunaikan Sholat Subuh
sebanyak Tujuh kali di dalam rumah, selanjutnya sebagai berikut :
1. Bertawasul atas Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wasalam
2. Bertawasul atas Syaikh Abdul Qodir Al Jilani
3. Bertawasul atas Syaikh ‘Abdis Salam bin Masyisy Alhasny
4. Kemudian membaca Sholawat Masyisyiyah sebanyak 7 kali,.
Berikut ini teks selengkapnya dari Shalawat Masyisiyah:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مَنْ مِنْهُ انْشَقَّتِ الأسْرَارُ. وَانْفَلَقَتِ
الأنْوَارُ. وَفِيهِ ارْتَقَتِ الْحَقَائِقُ. وَتَنَزَّلَتْ عُلُومُ آدَمَ
فَأعْجَزَ الْخَلاَئِقِ. وَلَهُ تَضَاءَلَتِ الْفُهُومُ فَلَمْ يُدْرِكْهُ
مِنَّا سَابِقٌ وَلاَ لاَحِقٌ. فَرِيَاضُ الْمَلَكُوتِ بِزَهْرِ جَمَالِهِ
مُونِقَةٌ. وَحِيَاضُ الْجَبَرُوتِ بِفَيْضِ أنْوَارِهِ مُتَدَفِّقَةٌ.
وَلاَ شَيْءَ إِلاً وَهُوَ بِهِ مَنُوطٌ. إِذ لَوْلاَ الْوَاسِطَةُ
لَذَهَبَ كَمَا قِيلَ الْمَوْسُوطُ. صَلاَةً تَلِيقُ بِكَ مِنْكَ إِلَيْهِ
كَمَا هُوَ أهْلُهُ اللَّهُمَّ إِنَّهُ سِرُّكَ الْجَامِعُ الدَّالُ
عَلَيْكَ. وَحِجَابُكَ الأعْظَمُ الْقَائِمُ لَكَ بَيْنَ يَدَيْكَ.
اللَّهُمَّ ألْحِقْنِي بِنَسَبِهِ. وَحَقِّقْنِي بِحَسَبِهِ. وَعَرِّفْنِي
إِيَّاهُ مَعْرِفَةً أسْلَمُ بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْجَهْلِ. وَأكْرَعُ
بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْفَضْلِ. وَاحْمِلْنِي عَلَى سَبِيلِهِ إِلَى
حَضْرَتِكَ. حَمْلاً مَحْفُوفاً بِنُصْرَتِكَ. وَاقْذِفْ بِيَ عَلَى
الْبَاطِلِ فَأدْمَغَهُ وَزُجَّ بِي فِي بِحَارِ الأحَدِيَّةِ وَانْشُلْنِي
مِنْ أوْحَالِ التِّوْحِيدِ وَأغْرِقْنِي فِي عَيْنِ بَحْرِ الْوَحْدَةِ
حَتَّى لاَ أرَى وَلاَ أسْمَعَ وَلاَ أجِدَ وَلاَ أُحِسَّ إِلاً بِهَا
وَاجْعَلِ الْحِجَابَ الأعْظَمَ حَيَاةَ رُوحِي وَرُوحِهِ سِرَّ حَقِيقَتِي
وَحَقِيقَتِهِ جَامِعَ عَوَالِمِي بِتَحْقِيقِ الْحَقِّ الأوَّلِ يَا
أوَّلُ يَا آخِرُ يَا ظَاهِرُ يَا بَاطِنُ اسْمَعْ نِدَائِي بِمَا سَمِعْتَ
نِدَاءَ عَبْدِكَ زَكَرِيَّا وَانْصُرْنِي بَِ لَكَ وَأيِّدْنِي بِكَ لَكَ
وَاجْمَعْ بَيْنِي وَبَيْنَكَ وَحُلْ بَيْنِي وَبَيْنَ غَيْرِكَ الله الله
الله إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادِ
رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وهيئ لَنَا مِنْ أمْرِنَا رَشَداً
إِنَّ الله وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً.
وَسَلاَمُهُ وَتَحِيَّاتُهُ وَرَحْمَاتُهُ وَبرَكَاتُهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ صَلَوَاتُ اللهِ
النَّبِىِّ الأُمِّىِّ وَعَلَى آلِه وَصَحْبِهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ
التَّامَّاتِ الْمُبَارَكَاتِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى
الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رب العالمين
Allahumma shalli ‘alaa man minhun syaqqatil asraar, Wan falaqatil anwaar, wa fiihir taqatil haqaaiq
Wa tanazallat ‘uluumu sayyidinaa aadama alaihis salaam fa a’jazal khalaaiq
Wa lahu tadhaa alatil fuhuumu falam yudrik-hu minnaa saabiquw wa laa laahiq
Fari yaa dhul malakuuti bizahri jamaalihi muuniqah
wa hiyaadhul jabaruuti bifaydhi anwaarihi mutadaffiqah
Wa laa syay-a illa wa huwa bihi manuuth
Idz lawla waa sithatu ladza haba kamaa qiilal mawsuuth
Shalaatan taliiqu bika minka ilayhi kamaa huwa ahluh
Allahumma inaahu sirrukal jaami’ud daallu ‘alayk
Wa hijaabuka a’zhamu’l qaa-imulaka bayna yadayk
Allahumma alhiqnii binasabih wa haqqiqnii bi hasabih
Wa ‘arrifnii iyyahu ma’rifatan aslamu bihaa min mawaaridil jahl
Wa akra’u bihaa min mawaaridil fadhl
Wahmilnii ‘alaa sabiilihi ilaa hadhratik
Hamlan mahfuufan binushratika
waqdzif bii ‘alal baathili fa-admaghah
wa zujjabii fii bihaari’ ahadiyyah wansyulnii min awhaalit-tawhiid
wa aghriqnii fii ‘ayni bahril wahdah
hatta laa araa wa laa asma’a wa laa ajida wa laa uhissa illaa bihaa
waj’allahummal hijaaba a’zhama hayaata ruuhii
wa ruuhahu sirra haqiiqatii
wa haqiiqatahu jaami’a ‘awaalimi bitahqiiqil haqqi awwal
yaa awwalu yaa aakhiru yaa zhaahiru yaa baathin
isma’ nida-ii bimaa sami’ta bihi nidaa-a ‘abdika sayyidinaa Zakariyya ‘alayhis salaam
wan shurnii bika laka, wa ayyidnii bika laka, wajma’ baynii wa baynaka
wa hul bayni wabayna ghayrika, Allah Allah Allah
Innal-ladzii faradha ‘alaykal qur’aan laraadduka ilaa ma’aad
Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmah Wa hayyi’lanaa min amrinaa rasyadaa (3 kali)
Innallaaha wa malaaikatahu yushalluna ‘alan-nabiyy Yaa ayyuhal ladziina amanuu shallu ‘alayhi wa sallimuu tasliima
Solawatulloohi wa salaamuhuu wa tahiyyatuhuu wa rohmatuhuu wa
baraakatuhuu ‘alaa sayyidina muhmammadin ‘abdika wa rosuulikan nabiyyil
ummyyi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ‘adadasy syaf’i wal watri, wa
‘adada kalimaatillahit taammaatil mubaarokaati.
Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wa salaamun ‘alal mursaliina wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiina
Artinya:
Ya Alloh, Anugerahkan kesejahteraan atas seorang nabi (Nabi Muhammad
SAW) yang darinya menjadi tersingkap setiap rahasia, menjadi terbit
setiap cahaya. Dan padanya menjadi naik setiap hakikat, menjadi turun
(bertahap) setiap ilmu Adam AS, membuat tidak kuasa setiap makhluq.
Dan untuknya dijadikan kecil setiap pengetahuan hingga tidak ada
satupun orang yang mengejar dan menyusul dari kita yang mampu
mencapainya.
Taman-taman malakut menjadi indah dengan pesona bunga ketampanannya.
Telaga-telaga jabarut menjadi tumpah ruah dengan limpahan cahayanya.
Tidak ada sesuatupun kecuali ia bergantung kepadanya.
Bila tanpa wasithahnya (Perantara) niscaya hilang segala yang ada dan terjadi dikarenakan keberadaannya.
Ya Alloh anugerahkanlah kesejahteraan atasnya. kesejahteraan yang
sesuai dengan-Mu, yang datanya dari Mu untuk dianugerahkan kepadanya
sebagaimana ia pantas menyandangnya.
Ya Alloh, Sesungguhnya dia
(Muhammad) adalah rahasia yang mencakup segala sesuatu, yang menunjukkan
jalan menuju engkau, dan dia adalah hijab-Mu yang teramat agung, yang
berdiri lurus di hadapan-Mu.
Ya Alloh sertakanlah aku dengan
menisbatkan diriku padanya, nyatakanlah aku dengan kemuliayaan
leluhurnya, kenalkanlah diriku kepadanya dengan pengetahuan yang
menyelamatkanku dari sumber ketidaktahuan dan mendekatkanku kepada
sumber keutamaan.
Bawalah aku diatas jalannya menuju kehadirat-Mu
dengan penyertaan yang penuh harap terhadap pertolongan-Mu. Lepaskanlah
aku atas kebatilan hingga dapat melenyapkannya. Lemparkan aku dalam
samudra pengesaan, angkatlah aku dari lumpur tauhid, tenggelamkanlah aku
dalam lautan keEsaan hingga aku tak dapat melihat, tidak mendengar,
tidak menemukan dan tidak merasakan apapun kecuali dengannya.
Jadikanlah Ya Alloh, hijab yang teramat Agung itu menjadi kehidupan roh
ku, dan roh-nya menjadi rahasia hakikatku, kemudian hakikatnya menjadi
menjadi cakupan alamku dengan menyatakan Al-Haq (Yang Maha Benar)
Al-Awwal (Yang Maha terdahulu) .
Wahai Zat yg Maha Awal, Wahai
Zat yang Maha Akhir, Wahai Zat yang Maha Tampak, Wahai Zat yang Maha
Tersembunyi, dengarlah seruanku sebagaimana engkau pernah mendengar
seruan hamba-Mu, Zakaria Alaihi sholatu wassalam.
Tolonglah aku
dengan Izin-Mu untuk ta'at kepada-Mu dan kuatkanlah aku dengan izin-Mu
untuk ta'at kepada-Mu, pertemukan aku dengan Engkau dan pisahkanlah
dengan selain engkau.
Ya Allohu, Ya Allohu, Ya Allohu
Sesungguhnya yang mewajibkan atas-Mu (melaksanakan aturan-aturan) Al
Qur’an, benar-benar akan mengembalikan kamu ketempat kembali (Qs.
28:85).
Wahai Tuhan Kami, berikanlah Rahmat pada kami dari
sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan
kami ini (Qs. 18:10).
Ya Alloh Tuhan kami berilah kami kebaikan
di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api
neraka (Qs. 2:201).
Sesungguhnya Alloh dan para malaikat
bersholawat untuk nabi Muhammad SAW. (maka) Wahai orang-orang yang
beriman bersholawatlah kalian untuk nabi Muhammad SAW, dan ucapkanlah
salam penghormatan padanya (Qs. 33:56).
Penjelasan:
Dalam kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat dijelaskan mengenai shalawat masyisiyah sebagai berikut:
هذه صلاة سيدي عبد السلام بن مشيش وهي من أفضل الصيغ المشهورة ذات الفضل
العظيم. قال العلامة السيد محمد عابدين صاحب حاشية الدر في ثبته صلاة
الشيخ الإمام القطب العارف بالله تعالى والدال عليه ذي الطريقة السنية
المستقيمة والأحوال السنية العظيمة شريف النسب وأصيل الحسب سيدنا ومولانا
السيد الشريف عبد السلام بن بشيش يقال بالباء في أوله وبالميم الحسني
المغربي التي أولها اللهم صلى على من منه انشقت الأسرار وانفلقت الأنوار
الخ
Artinya:
"Shalawat di atas ini merupakan shalawat
milik Sayyidi asy-Syaikh Abdus Salaam ibn Masyisy dan ia merupakan salah
satu di antara sighat shalawat yang paling utama dan terkenal serta
memiliki keutamaan yang agung. As-Sayyid Muhammad Abidin, penulis
Hasyiyah ad-durr dalam catatannya yang diberikan untuk mengomentarai
shalawat ini mengatakan, "Pemilik shalawat ini merupakan seorang imam
yang Mengenal Allah, pemilik jalan yang luhur dan lurus, yang
bertahtakan ketulusan dan keagungan, berasal dari keturunan yang
terhormat, junjungan kami, Sayyidina wa Maulana As-Sayyid Asy-Syarif
Abdussalaam bin Basyisy atau al-Masyisy al-hasani al-Maghribi, shalawat
tersebut yaitu: Allaahumma Shalli 'Alaa Man Minhun Syaqqatil Asraar wan
falaqatil anwar dan seterusnya.
Cara Pengamalan
Cara
mengamalkan Shalawat Masyisiyah bisa bermacam-macam disesuaikan dengan
ijazah yang kita terima dari ulama yang secara khusus memberikan ijazah
shalawat tersebut kepada kita. Adapun admin sendiri mendapatkan ijazah
khusus untuk shalawat masyisiyah ini dari Syaikh Thaifur yang waktu
pengamalannya yaitu setelah shalat Dzuhur sebanyak 1x dilanjutkan
membaca shalawat fatih sebanyak 100 x. Adapun dalam kitab Afdhalush
Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat disebutkan salah satu cara pengamalan
Syaikh Ahmad an-Nakhli sebagai berikut:
قد أوردها الشهاب أحمد
النخلي وتلميذه الشهاب المنيني في ثبتيهما وذكر النخلي أنه أخذها عن الشيخ
أحمد البابلي والشيخ عيسى الثعالبي قال وأمراني أن أقرأها بعد صلاة الصبح
مرة وبعد صلاة المغرب مرة قال ورأيت في بعض التعاليق تقرأ ثلاث مرات بعد
الصبح وبعد المغرب وبعد العشاء وفي قراءتها من الأسرار ومن الأنوار ما لا
يعلم حقيقته إلا الله تعالى وبقراءتها المدد الإلهي والفتح البراني ولم يزل
قارئها بصدق وإخلاص مشروح الصدر ميسر الأمر محفوظا بحفظ الله تعالى من
جميع الآفات والبليات والأمراض الظاهرة والباطنة منصوراً على جميع الأعداء
مؤيداً بتأييد الله العظيم في جميع أموره ملحوظاً بعين عناية الله الكريم
الوهاب وعناية رسوله صلى الله تعالى عليه وعلى الآل والأصحاب وتظهر فائدتها
بالمداومة عليها مع الصدق والإخلاص والتقوى ومن يطع الله ورسوله ويخش الله
ويتقه فأولئك هم الفائزون ا.ه. وقد زاد بعض أكابر العارفين من مشايخ
الطريقة الشاذلية فيها زيادات شريفة مزجها بها وجعلها وظيفة يقرؤها أهل
طريقته العلية صباحاً ومساء نفعنا الله بهم.
Artinya:
"Syaikh Ahmad an-Nakhili dan muridnya, Asy-Syihab al-Manini menyebutkan
shalawat ini di dalam makalah mereka. An-Nakhili menyebutkan bahwa ia
menerima shalawat ini dari Syaikh Ahmad al-Babili dan Syaikh Isa
ats-Tsa'alibi. Ia berkata, "Beliau menyuruhku untuk membacanya setelah
shalat subuh satu kali dan setelah shalat maghrib satu kali." Ia
melanjutkan, "Dan aku lihat dalam beberapa tulisan, bahwa shalawat ini
dibaca masing-masing 3 kali, setelah shalat subuh, maghrib dan isya'. Di
dalam membacanya terkandung beberapa rahasia dan cahaya pencerahan yang
hakikatnya hanya diketahui oleh Allah. Dan dengan membacanya pula
karunia-karunia ketuhanan dan pencerahan rabbani akan tergapai. orang
yang mengamalkannya akan senantisa jujur dan ikhlas, hatinya senantiasa
lapang dan urusannya dimudahkan, terlindung dalam penjagaan Allah dari
semua bencana, kerusakan dan dari segala macam penyakit, lahir dan
batin, dibantu dalam mengalahkan musuh dengan kekuatan Allah; segala
urusannya dimudahkan dengan mendapatkan inayah dari Allah, Dzat Yang
Maha Pemurah lagi Maha Pemberi, dan inayah dari rasulNya, semoga
shalawat dan salam tercurahkan kepadanya dan kepada keluarga dan
sahabat-sahabatnya. Faidahnya akan tampak dengan mengamalkannya secara
rutin dengan tulus, ikhlas dan takwa, "Dan barangsiapa yang taat kepada
Allah dan rasulNya, takut kepada Allah dan bertakwa kepadaNya, maka
mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan." Sebagian pemuka
tarekat Syadziliyah menambahkan bacaan-bacaan pada shalawat ini, lalu
mereka menjadikannya sebagai wiridan wajib bagi pengikut tarekat yang
mulia ini, pada waktu-waktu pagi dan sore. Semoga Allah melimpahkan
manfaatNya kepada kita. aamiin."
Nama lengkap Syaikh
Ibnu Masyisy adalah Sayidina Syaikh. Abu Abdillah Abdussalam Ibn Masyisy
Ibn Abi Bakar Ibn Ali Ibn Hurmah Ibn Isa Ibn Salam Ibn Mizwar Ibn Ali
Ibn Haidarah Ibn Muhammad Ibn Idris al-Azhar (almatsana) Ibn Idris
al-Akbar Ibn Abdullah al-Kamil Ibn al-Hasan al-Mutsanna Ibn al-Hasan Ibn
Ali bin Abi Thalib suami Fatimah az-Zahra putri Rasulullah.
Syaikh Ibnu Masyisy lahir pada tahun 559 H. Wafat pada tahun 662 H.
Beliau merupakan maha guru dari 3 wali Qutub; Sayyid Ibrahim
al-Dasuqiy, Sayyid Ahmad al-Badawiy dan Syaikh Abul Hasan al-Syadzilliy
Alhasany
Dhabit (catatan) lafaz Masyisy, ada yang membacanya
dengan huruf Ba menggantikan Mim, menjadi Basyisy yang dalam bahasa
Maziniyah berarti seorang pelayan yang memiliki kecerdesan luar biasa.
Ibnu Masyisy belajar membaca, menulis dan menghafal al-Qur’an di Kuttab
(tempat yang digunakan untuk mengajarkan anak-anak kecil membaca,
menulis dan menghafal al-Qur’an) dan dia telah hafal al-Qur’an sejak
berumur kurang dari 12 tahun kemudian pergi menuntut ilmu. Syaikh Ibnu
Masyisy mumpuni dalam bidang ilmu juga memiliki kezuhudan yang tinggi,
Allah menyatukan dalam dirinya dua kemulian, dunia dan Agama, serta
menjaga keutamaan keyakinan yang haqiqi. Dan Ibnu Masyisy mendapatkan
keberhasilan atas kesungguhan kemauan dan cita-citanya, seorang yang
tidak pernah menyimpang dari jalan syari’at sehelai rambut pun,
berpegang teguh pada Agama dan menyampaikan keutamaan-keutamaannya.
Pada hari beliau dilahirkan, syaikh Abdul Qadir al-Jilaniy mendengar
suara hatif (bisikan ruhani); “Ya syaikh Abdul Qadir, cermatilah
keadaanmu kepada penduduk kota maroko, sesungguhnya yang akan menjadi
wali Qutub di kota tersebut telah dilahirkan.
Syaikh
Ibnu Masyisy memiliki kesungguhan dan kemauan yang keras dalam menuntut
ilmu serta menjaga aurad (bacaan-bacaan dzikir dan do’a) sehingga dia
sampai kepada jalan menuju ma’rifah kepada Allah, maka Ibnu Masyisy
mumpuni dalam bidang ilmu juga mendapatkan puncak kezuhudan. Di antara
guru-gurunya dalam bidang ilmu pengetahuan adalah Syaikh Ahmad yang di
juluki (aqtharaan), dimakamkan di daerah Abraj dekat pintu Tazah.
Di antara para gurunya dalam bidang tasawwuf Syaikh Abdurrahman
al-Madaniy yang terkenal dengan az-Zayyaat, dari beliau Ibnu Masyisy
belajar tentang ilmu mua’amalah dengan masyarakat yang sumbernya
berakhlak sesuai dengan akhlak Rasulullah sehingga dari ilmu tersebut
Ibnu Masyisy mendapatkan yang lebih banyak.
Barang kali, penyebab
tidak terlalu banyak warisan peningalan Syaikh Abdussalam Ibn Masyisy,
meskipun kedududakannya tinggi. Salah satu murid beliau adalah Imam Abu
al-Hasan as-Syaziliy, mengatakan: “Bahwa Syaikh Ibn Masyisy ulama yang
masturul Hal (sangat tertutup) dan tidak ingin di kenal oleh manusia, di
antara do’anya “Ya Allah aku mohon kepada-Mu agar makhluk berpaling
dariku sehingga tidak ada tempat kembali bagiku selain kepada-Mu“. Allah
mengabulkan permohonan Syaikh Ibnu Masyisy tersebut karena sangat
ketertutupannya itu sampai tidak ada yang mengenal beliau kecuali Syaikh
Abu al-Hasan as-Syaziliy yang sebuah thariqah dinisbahkan kepadanya.
Adapun beberapa peninggalan ilmiyah Syaikh Ibnu Masyisy yang sampai
kepada kita melalui muridnya Syaikh Abu al-Hasan as-Syaziliy adalah
sekumpulan nasehat yang mengagumkan dengan ungkapan yang bersih, jernih
selaras dengan al-Qur’an dan as-Sunnah, di antaranya adalah: “Syaikh Abu
al-Hasan as-Syaziliy berkata: “Guruku mewasiatkan kepadaku dan dia
berkata:” Jangan kamu langkahkan kedua kakimu kecuali kamu hanya
mengharap balasan dari Allah, janganlah kamu duduk kecuali kamu merasa
aman dari maksiat kepada Allah dan jangan kamu berteman kecuali dia
dapat menolongmu untuk ta’at kepada Allah“.
Dan Ibnu Masyisy
berkata secara langsung kepada Abu al-Hasan as-Syaziliy: Senantiasalah
kamu suci dari rasa ragu dan dari kotoran dunia, ketika kamu dalam
keadaan kotor maka bersucilah, ketika kamu mulai cenderung kepada
syahwat dunia maka perbaikilah dengan bertaubat, jangan sampai kamu
dirusak dan ditipu hawa nafsu, maka dari itu senantiasalah kamu merasa
dekat kepada Allah dengan penuh ketundukan dan ketulusan hati.
Salah satu teks penting yang sampai kepada kita dari Syaikh Abdussalam
Ibn Masyisy adalah teks “shalawat Masyisyiah”, yaitu sebuah teks
shalawat yang unik jika kata-katanya itu berbaur atau diucapkan oleh ruh
maka akan membuat pemilik ruh tersebut terasa melayang di udara dari
keluhuran dan keindahan alam malakut. Dan teks tersebut merupakan titik
perhatian para pensyarah (komentator).
Banyak ulama yang ambil
bagian dalam memberikan syarh (komentar) atas shalawat Masyisyiyah di
antaranya: Imam Ahmad Ibn Ajibah, Syaikh Ahmad al-Shawiy al-Malikiy dan
Syaikh Abdullah Ibn Muhammad al-Ghumariy.
Penyebab Imam Ibnu
Masyisy keluar dari khalwatnya menentang Ibnu Abi al-Thawaajin
al-Kattamiy seorang penyihir yang mengaku nabi, beliau telah
mempengaruhi sebagian orang pada masanya, dan melakukan perlawanan atas
dia dan para pengikutnya dengan logika dan dalil-dalil syar’i baik
ucapan dan perbuatan dengan serangan atau perlawanan yang keras, mereka
memotivasi untuk melakukan tipu daya dan persekutuan untuk membunuhnya,
maka ia mengutus sebuah kelompok kepada Syaikh itu untuk menjebak beliau
sehingga beliau turun dari khalwatnya untuk berwudhu dan shalat subuh
dan di sanalah mereka membunuhnya pada tahun 662 H, semoga Allah
merahmati dengan rahmat yang luas, dan mengumpulkan kami bersama dengan
beliau ditempat yang diridhai Allah.
Beliau memiliki karya
berbentuk tulisan yang berupa buku kumpulan refleksi tentang kehidupan
beragama dan politik pada masanya ,serta pidato terkenal Nabi Muhammad
(Kitab tasilya) yang ditulis ulang dan dikomentari oleh Syeh Ahmad ibn
Ajiba (1747-1809),seorang ulama besar Maroko Abad 18. Selain itu, Ia
adalah penulis dari sholawat indah dan keramat yang sangat terkenal,
yaitu Sholawat Masyisyiyah yang sering diwiridkan dipesantren pesantren
Nusantara.
Di Maroko ,sholawat ini masih lestari dan sering
dibacakan secara berjama’ah di masjid masjid, zawiyah sufiyah sampai
seringkali terdengar di radio radio kerajaan. Dan ini adalah upaya baik
Kerajaan Maroko dalam melestarikan karya ulama’ agar tidak tergerus
masa ,sekaligus upaya pengingat masyarakat untuk selalu bersholawat ,dan
salam kepada Junjungan Kanjeng Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi wasallam
0 komentar:
Posting Komentar