7 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita, Wajah Tampak Bersih dan Bersinar

 Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim. Dalam sebuah hadits riwayat Tabrani dan Al Bazzar, dari Sumrah bin Jundub RA berkata:

"Kita diperintah oleh Rasulullah supaya mengerjakan sholat malam itu sedikit atau banyak dan sebagai penghabisan atau penutup sholat witir. Selain itu, dalam Hadist riwayat Thabrani dalam kitab Al Kabir dan Al Ausath, dari Ibnu Abbas ia berkata, "Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, 'Kerjakan sholat malam sekali pun hanya satu rakaat'." (HR. Tabrani dan Al Bazzar).
Mengutip buku Sholat Tahajud dan Kebahagiaan milik Abdul Muqit (2018: 10), jumlah rakaat sholat tahajud tidak ada batasannya. Bisa dikerjakan dua, empat, hingga enam rakaat jika kondisi memungkinkan.
Apabila dikerjakan secara istiqomah, sholat tahajud memiliki banyak keutamaan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Bahkan, ada juga keutamaan sholat tahajud untuk wanita secara khusus. Apa itu?
Ilustrasi sholat tahajud yang dilaksanakan seorang wanita. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sholat tahajud yang dilaksanakan seorang wanita. Foto: Freepik

Keutamaan Sholat Tahajud Untuk Wanita

Merangkum buku Muslimah Itu Cantik oleh Annisa Az-Zahra (2017: 30), dalam sejumlah hadits shahih disebutkan bahwa sholat tahajud memiliki beberapa keutamaan apabila rutin dikerjakan.
1. Penyelamat Siksa Api Neraka
Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, terdapat tujuh golongan yang akan mendapatkan perlindungan Allah SWT dari siksa api neraka. Salah satunya adalah seseorang yang mengingat Allah dalam keheningan hingga menitikkan air mata saat melaksanakan sholat tahajud.
2. Terkabulkan Doanya
Setiap orang pasti berharap doa yang dipanjatkan dapat terkabul. Waktu sepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa.
Allah SWT senantiasa mengabulkan, mengampuni, bahkan memberikan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh hamba-Nya.
3. Menjadi Manusia yang Pandai Bersyukur
Rutin mengerjakan sholat tahajud dapat membimbing hati seseorang untuk lebih bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Bersyukur merupakan salah satu jalan untuk meraih kebahagiaan di dunia maupun akhirat.
4. Menyehatkan Tubuh
Sholat tahajud dapat menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, seseorang yang membiasakan sholat tahajud akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan terhindar dari berbagai penyakit.
Ilustrasi sholat tahajud yang dilaksanakan seorang wanita. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sholat tahajud yang dilaksanakan seorang wanita. Foto: Freepik
5. Menjaga Kecantikan
Setiap wanita pasti mendambakan aura kecantikan yang terpancar dalam dirinya. Melalui sholat tahajud, seseorang dapat meraih apa yang didambakannya dengan seizin Allah. Tak hanya secara fisik, tapi juga cantik secara batin.
6. Meningkatkan Produktivitas Kerja
Sholat tahajud diyakini dapat meningkatkan produktivitas kerja yang berbasis spiritualitas. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan sumber daya manusia yang andal secara intelektual, emosional, dan spiritual dapat dilakukan dengan membiasakan diri sholat tahajud di sepertiga malam.
7. Menjadikan Wajah Bersih dan Bersinar
Seorang wanita yang rajin menunaikan sholat tahajud akan membuat wajahnya terlihat bersih dan bersinar di siang hari. Selain itu, sholat tahajud juga akan menjadi cahaya bagi seorang mukmin di hari kiamat kelak. Cahaya tersebut akan menyinarinya dari depan dan belakang.
(VIO)

0 komentar:

Posting Komentar