Sulthonul Auliya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani :
**42 Keutamaan Sholawat**
بسم الله الرحمٰٓن الرحيم
ﺁﻟﻠّﻬُﻢَ ﺻَﻠّﯿﮱِ ﯛﺳَﻠّﻢْ ﻋَﻠﮱِ ﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤّﺪْ ﻭَ ﻋَﻠﮱ ﺁﻝِﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ
Dalam Kitab As-Safinah Al-Qadiriyah, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani,
menjelaskan tentang keutamaan-keutaman berselawat kepada Rasulullah SAW
dengan merujuk apa yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Furhan dalam kitab
Haqa’iq Al-Anwar. Beliau menyebut 42 keutamaan dan keuntungan berselawat
kepada Nabi. Menurutnya, “Membaca selawat kepada Nabi membuahkan banyak
faedah yang bisa dipetik oleh seorang hamba:
1. Berselawat untuk Nabi berarti melaksanakan perintah Allah SWT.
2. Berselawat untuk Nabi berarti meniru Allah yang berselawat kepada Nabi.
3. Berselawat untuk Nabi berarti meniru malaikat-malaikat-Nya yang berselawat kepada Nabi.
4. Mendapat balasan 10 kali lipat selawat dari Allah SWT untuk diri kita pada setiap selawat yang kita ucapkan.
5. Allah akan mengangkat derajat orang yang membaca selawat 10 tingkat lebih tinggi..
6. Mendapat 10 catatan kebaikan.
7. Allah SWT menghapuskan 10 dosa keburukan.
8. Berpeluang besar doanya akan dikabulkan Allah SWT.
9. Selawat adalah syarat utama mendapat syafaat dari Rasulullah SAW.
10. Selawat adalah syarat untuk mendapat ampunan Allah dan akan ditutup segala aib.
11. Selawat adalah syarat untuk memperoleh perlindungan dari segala hal yang ditakutinya.
12. Selawat adalah syarat seseorang dapat dekat kepada Rasulullah SAW.
13. Nilai selawat sama dengan nilai sedekah.
14. Selawat adalah alasan bagi Allah dan para malaikat untuk membacakan selawat balasan.
15. Selawat adalah syarat kesucian jiwa dan raga bagi pembacanya.
16. Terpenuhinya segala keinginan.
17. Selawat adalah alasan seseorang mendapat kabar baik bahwa dirinya kelak akan memperoleh surga.
18. Selawat adalah faktor memperoleh keselamatan di Hari Kiamat.
19. Selawat adalah alasan bagi Rasulullah SAW untuk mengucapkan selawat balasan.
20. Selawat dapat membuat pembacanya teringat akan semua hal yang dilupakannya.
21. Selawat dapat membuat harumnya sebuah majelis pertemuan dan
orang-orang yang hadir tidak mendapat kerugian di Hari Kiamat kelak.
22. Selawat dapat menghilangkan kemiskinan dan kefakiran bagi pembacanya.
23. Selawat dapat menghapus julukan orang kikir ketika selawat dibacakan.
24. Selawat menjadi penyelamat dari doa ancaman Rasulullah bagi orang yang membaca selawat ketika namanya disebutkan.
25. Selawat akan mengiringi perjalanan pembacanya kelak di atas
jembatan menuju surga dan akan menjauh dari orang yang tidak membacanya.
26. Selawat akan menghilangkan keburukan-keburukan di suatu majelis
pertemuan yang tidak dimulai dengan menyebut nama Allah dan Rasul-Nya.
27. Selawat adalah penyempurna pahala dari sebuah percakapan yang
dimulai dengan menyebut nama Allah dan membaca selawat kepada Rasul-Nya.
28. Selawat adalah faktor yang dapat menyelematkan seorang hamba ketika berada di atas jembatan menuju surga.
29. Selawat menghapus status sebagai pembenci selawat.
30. Selawat adalah alasan bagi Allah untuk mengumumkan pujian baiknya
kepada pembaca selawat tersebut di hadapan semua makhluk, baik di bumi
maupun di langit.
31. Selawat dapat mendatangkan rahmat Allah.
32. Selawat dapat mendatangkan berkah.
33. Selawat dapat melanggengkan dan mempertebal cinta kepada Rasulullah
SAW dimana cinta ini merupakan simpul pokok keimanan.Dan, keimanan
seseorang belum sempurna tanpa adanya cinta kepada Nabi.
34. Selawat dapat memikat hati Rasulullah agar mencintai dirinya.
35. Selawat mendatangkan hidayah dan menghidupkan hati yang telah mati.
36. Selawat adalah syarat agar nama pembacanya disebut-sebut di hadapan Rasulullah SAW.
37. Selawat dapat memantapkan iman dan Islam serta membacanya sama dengan memberi hak yang layak diterima oleh Rasulullah SAW.
38. Selawat merupakan bentuk syukur kita atas segala nikmat dari Allah SWT.
39. Bacaan selawat mengandung dzikir, syukur dan pengakuan atas nikmat Allah SWT.
40. Selawat yang dibaca seorang hamba adalah bentuk doa dan permohonan
kepada Allah, terkadang doa itu dipersembahkan kepada Nabi SAW dan tak
jarang pula untuk dirinya sendiri, karena selawat dapat mendatangkan
tambahan pahala.
41. Selawat adalah buah yang paling manis dan
faedah paling utama yang dapat didatangkan dari pembacaan selawat atas
Nabi adalah melekatnya gambaran seorang Nabi yang mulia di dalam jiwa
pembacanya.
42. Memperbanyak bacaan selawat atas Nabi SAW menjadikan
dirinya satu tingkatan dengan derajat seorang Syekh Murabbi (guru
spiritual)
ﺁﻟﻠّﻬُﻢَ ﺻَﻠّﯿﮱِ ﯛﺳَﻠّﻢْ ﻋَﻠﮱِ ﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤّﺪْ ﻭَ ﻋَﻠﮱ ﺁﻝِﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ,
**MANAKIB Sultahanul Aulia
Syech Abdul Qodir Al Jailani **
Biografi Syech Abdul Qodir Al Jailani atau yang lebih sering disebut
Manaqib Syech Abdul Qodir Al Jailani memang patut kita baca dan kita
renungkan.
"Siapa sih beliau ??
Sering kita mendengar
tentang nama seorang sufi besar dan ulama besar bernama Syekh Abdul
Qodir Jaelani, atau ada yang menyebut Jiilani. Siapakah sebenarnya
beliau? Apa yang menjadi pandangan beliau yang jelas tentu tetap
berpegang pada junjungan kita Nabi Besar Sayyidina Muhammad SAW… berikut
informasi dikumpulkan dari berbagai macam sumber…
Syeikh Abdul
Qodir Jaelani (bernama lengkap Muhy al-Din Abu Muhammad Abdul Qodir ibn
Abi Shalih Zango Dost al-Jaelani) lahir di Jailan atau Kailan tahun 470
H/1077 M, sehingga diakhir nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau
Al Kailani atau juga Al Jiliydan.(Biografi beliau dimuat dalam Kitab
Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu
Rajab Al Hambali). Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib,
pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada
561 H/1166 M.
Dalam usia 8 tahun ia sudah meninggalkan Jilan
menuju Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak diterima belajar di
Madrasah Nizhamiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin Ahmad al-Ghazali,
yang menggantikan saudaranya Abu Hamid al-Ghazali.
Masa Muda
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad pada saat
beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ulama’
seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu
Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu
ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’. Suatu ketika
Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang
bernama Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan
sungguh-sungguh. Bermukim di sana sambil memberikan nasehat kepada
orang-orang yang ada di sekitar tempat tersebut. Banyak sudah orang yang
bertaubat setelah mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang
bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau, sehingga
sekolah itu tidak muat menampungnya.
Murid-murid beliau banyak
yang menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang
menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah
penyusun kitab fiqh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama
tentang beliau : Syeikh Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang
Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ”Kami sempat berjumpa dengan
beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan kami di
sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau
mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat
kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama satu bulan
sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau meninggal dunia. (Siyar A’lamin
NubalaXX/442). Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu Sunnah,
mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki
karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat kedustaan
atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah,
perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan
Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Di antaranya dapat diketahui
dari perkataan Imam Ibnu Rajab.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para
syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki
keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul
Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin
Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H, meninggal
tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis
perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah seorang
itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat
sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang
dengannya, sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya.
Kecuali kisah-kisah yang telah masyhur dan terkenal dari selain kitab
ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak
dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh (dari agama dan akal),
kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak
berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah
mati, dan sebagainya.) Semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al
Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin
Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama
bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685
H. Wafat tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di
dalam kitab Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan,
bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang
diriwayatkannya dalam kitab ini.” (Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin
Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H /
8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, ”Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani rahimahullah memiliki pemahaman yang bagus dalam masalah tauhid,
sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan
sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab
yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya
mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari
majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya,
ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras terhadap
orang-orang yang menyelisihi sunnah.”
Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ”Dia (Allah) di arah
atas, berada diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya
meliputi segala sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan
hadist-hadist, lalu berkata ”Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ (Allah
berada diatas ‘arsyNya) tanpa takwil (menyimpangkan kepada makna lain).
Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat Allah di atas arsy.” (At Tashawwuf
Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah bertanya
kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ”Wahai tuanku, apakah Allah
memiliki wali (kekasih) yang tidak berada di atas aqidah (Imam) Ahmad
bin Hambal?” Maka beliau menjawab, ”Tidak pernah ada dan tidak akan
ada.”(At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani tersebut juga dinukilkan oleh
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Istiqamah I/86. Semua itu
menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan beliau terhadap manhaj
Salaf.
Sam’ani berkata, ”Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi
guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam Adz Dzahabi
menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin
Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut, ”Lebih dari
lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu
orang telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan
perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang
aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan beliau mengetahui
hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, ”Intinya Syeikh Abdul
Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan
terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas
kesalahan-kesalahan orang beriman). Namun sebagian perkataannya
merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi
juga berkata, ”Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat
hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang tidak
benar bahkan ada yang mustahil terjadi."
Syeikh Rabi’ bin Hadi
Al Madkhali berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil, hal.136, ”Aku
telah mendapatkan aqidah beliau (Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) di dalam
kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka
aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan
nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj
Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah,
Rafidhah,Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan
manhaj Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509,
karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar,
Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.)
Inilah tentang
beliau secara ringkas. Seorang ‘alim Salafi, Sunni, tetapi banyak orang
yang menyanjung dan membuat kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau
berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu a’lam bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang ‘ulama besar. Apabila sekarang ini
banyak kaum muslimin menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka itu
adalah suatu kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau
meninggi-ninggikan derajat beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi
wasalam, maka hal ini merupakan kekeliruan yang fatal. Karena Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia diantara
para nabi dan rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan di sisi Allah
oleh manusia manapun. Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah (perantara) dalam do’a
mereka, berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh
Allah, kecuali dengan perantaranya.
Jadi sudah menjadi
keharusan bagi setiap muslim untuk memperlakukan para ‘ulama dengan
sebaik mungkin, namun tetap dalam batas-batas yang telah ditetapkan
syari’ah.
Pada tahun 521 H/1127 M, dia mengajar dan berfatwa
dalam semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal masyarakat luas.
Selama 25 tahun Abdul Qadir Jaelani menghabiskan waktunya sebagai
pengembara sufi di Padang Pasir Iraq dan akhirnya dikenal oleh dunia
sebagai tokoh sufi besar dunia Islam. Selain itu dia memimpin madrasah
dan ribath di Baghdad yang didirikan sejak 521 H sampai wafatnya di
tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan dipimpin anaknya Abdul
Wahab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan anaknya Abdul Salam (611
H/1214 M). Juga dipimpin anak kedua Abdul Qadir Jaelani, Abdul Razaq
(528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Baghdad pada tahun 656 H/1258
M.
Syeikh Abdul Qadir Jaelani juga dikenal sebagai pendiri
sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar didunia bernama Tarekat
Qodiriyah.
Awal Kemasyhuran Al-Jaba’I berkata bahwa Syaikh
Abdul Qadir Al-Jailani juga berkata kepadanya, “Tidur dan bangunku sudah
diatur. Pada suatu saat, dalam dadaku timbul keinginan yang kuat untuk
berbicara. Begitu kuatnya sampai aku merasa tercekik jika tidak
berbicara. Dan ketika berbicara, aku tidak dapat menghentikannya. Pada
saat itu ada dua atau tiga orang yang mendengarkan perkataanku. Kemudian
mereka mengabarkan apa yang aku ucapkan kepada orang-orang, dan
merekapun berduyun-duyun mendatangiku di masjid Bab Al-Halbah. Karena
tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah kota dan dikelilingi
dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam hari dan memakai lilin
dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian aku dibawa keluar kota
dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun orang-orang tetap datang
kepadaku, dengan mengendarai kuda, unta bahkan keledai dan menempati
tempat di sekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70 orang para wali
RadhiAllahu anhum.
Kemudian Syaikh Abdul Qadir melanjutkan,
“Aku melihat Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata kepadaku,
’Anakku, mengapa engkau tidak berbicara?’ ’Ayahku, bagaimana aku yang
non arab ini berbicara di depan orang-orang fasih dari Baghdad?’ Beliau
berkata, ’buka mulutmu..’ lalu beliau meniup 7 kali ke dalam mulutku
kemudian berkata, ”Bicaralah dan ajak mereka ke jalan Allah dengan
hikmah dan peringatan yang baik.” Setelah itu aku shalat dzuhur dan
duduk dan mendapati jumlah yang sangat luar biasa banyaknya sehingga
membuatku gemetar. Kemudian aku melihat Ali r.a. datang dan berkata,
’Buka mulutmu...’ Beliau lalu meniup 6 kali kedalam mulutku dan ketika
aku bertanya kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali seperti yang
dilakukan Rasululloh SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan itu
karena rasa hormat beliau kepada RasuluLloh SAW. Kemudian akku berkata,
’Pikiran, sang penyelam, mencari mutiara ma’rifah dengan menyelami laut
hati, mencampakkannya ke pantai dada, dilelang oleh lidah sang calo,
kemudian dibeli dengan permata ketaatan dalam rumah yang diizinkan Allah
untuk diangkat’”. Beliau kemudian menyitir : "Idan untuk wanita seperti
Laila seorang pria dapat membunuh dirinya, dan menjadikan maut dan
siksaan sebagai sesuatu yang manis."
Dalam beberapa manuskrip
saya mendapatkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani berkata, ”Sebuah suara
berkata kepadaku saat aku berada di pengasingan diri, ‘kembali ke
Baghdad dan ceramahilah orang-orang’. Akupun masuk Baghdad dan menemukan
para penduduknya dalam kondisi yang tidak aku sukai dan karena itulah
aku tidak jadi mengikuti mereka.’ ‘Sesungguhnya...,’ kata suara
tersebut, ’mereka akan mendapatkan manfaat dari keberadaan dirimu.’
‘Apa hubungan mereka dengan keselamatan agamaku/keyakinanku.’ tanyaku.
‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau akan mendapatkan keselamatan agamamu...’ jawab suara itu.
Akupun menbuat 70 perjanjian dengan Allah. Di antaranya adalah tidak
ada seorangpun yang menentangku dan tidak ada seorang muridku yang
meninggal kecuali dalam keadaan bertaubat. Setelah itu, aku kembali ke
Baghdad dan mulai berceramah. Suatu ketika saat aku berceramah , aku
melihat sebuah cahaya terang benderang mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada
apa?’ tanyaku. ‘Rasululloh SAW akan datang menemuimu untuk memberikan
selamat.’ jawab sebuah suara. Sinar tersebut makin membesar dan aku
mulai masuk dalam kondisi spiritual yang membuatku setengah sadar. Lalu
aku melihat RasuLulloh SAW di depan mimbar, mengambang di udara dan
memanggilku, ’Wahai Abdul Qadir...’ Begitu gembiranya aku dengan
kedatangan RasuluLloh SAW, aku melangkah naik ke udara menghampirinya.
Beliau meniup ke dalam mulutku 7 kali. Kemudian Ali datang dan meniup ke
dalam mulutku 3 kali. ’Mengapa engkau tidak melakukan seperti yang
dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku kepadanya. ‘Sebagai rasa hormatku
kepada Rasulullah SAW.' jawab beliau.
RasuluLlah SAW kemudian
memakaikan jubah kehormatan kepadaku. ‘Apa ini?’ tanyaku. ‘Ini...’ jawab
Rasulullah, ’adalah jubah kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang
yang mendapat derajad Qutb dalam jenjang kewalian.’ Setelah itu, akupun
tercerahkan dan mulai berceramah.
Saat Khidir as. datang
hendak mengujiku dengan ujian yang diberikan kepada para wali sebelumku,
Allah membukakan rahasianya dan apa yang akan dikatakannya kepadaku.
Aku berkata kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila engkau berkata kepadaku
’Engkau tidak akan sabar kepadaku...’ maka aku akan berkata kepadamu
‘Engkau tidak akan sabar kepadaku..’ Wahai Khidir, Engkau termasuk
golongan Israel sedangkan aku termasuk golongan Muhammad, maka inilah
aku dan engkau. Aku dan engkau seperti sebuah bola dan lapangan, yang
ini Muhammad dan yang ini Ar-Rahman, ini kuda berpelana, busur terentang
dan pedang terhunus.”
Al-Khattab pelayan Syaikh Abdul QAdir
meriwayatkan bahwa suatu hari ketika beliau sedang berceramah tiba-tiba
beliau berjalan naik ke udara dan berkata, “Hai orang Israel, dengarkan
apa yang dikatakan oleh kaum Muhammad.” lalu kembali ke tempatnya. Saat
ditanya mengenai hal tersebut beliau menjawab, ”Tadi Abu Abbas Al-Khidir
as lewat, maka akupun berbicara kepadanya seperti yang kalian dengar
tadi dan ia berhenti
**42 Keutamaan Sholawat** Sulthonul Auliya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani
on Jumat, 23 Maret 2018
Label:
Artikel Islami
0 komentar:
Posting Komentar